» TANYA JAWAB SEPUTAR HOMEOPATI

    Diupdate tanggal: 03 Juni 2017

Apakah homeopati ?
Homeopati adalah sebuah metode pengobatan yang mencocokkan gejala atau keluhan dan sifat pasien dengan gejala dan sifat yang terdapat pada obat. Bila terdapat kecocokkan antara gejala pasien dengan gejala yang ada pada obat maka masalah akan mudah sembuh, atas izin Allah SWT.

Bagaimana prinsip kerja obat homeopati ?
Obat homeopati bekerja dengan merangsang meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, mempercepat penyembuhan dan mencegah komplikasi tanpa efek samping.

Penyakit apa saja yang dapat disembuhkan dengan obat homeopati ?
Segala penyakit insya Allah bisa sembuh dengan menggunakan obat homeopati, baik penyakit akut maupun kronis, termasuk penyakit yang berhubungan dengan kejiwaan seperti stres, trauma,dan lain-lain.

Bagaimana rawatan dalam homeopati ?
Homeopati merawat pasien dengan meneliti secara detail berbagai gejala yang pasien derita melalui diagnosa tersendiri. Homeopati tidak merawat pasien berdasarkan nama penyakit.

Oleh karena itu Anda harus menjawab bermacam pertanyaan yang ditanyakan dokter homeopati yang tidak biasanya ditanyakan oleh dokter lain. Setelah selesai bertanya, dokter homeopati akan menyelidiki dan mengambil kesimpulan atas apa yang sudah dikemukakan oleh pasien, barulah kemudian memberikan obat yang berpengaruh dan sesuai dengan gejala pasien.

Bagaimana respon obat homeopati
Pada penyakit akut respon sangat cepat, terkadang dapat sembuh dalam sehari atau dua hari,seperti demam, diare, dan lain sebagainya.

Pada penyakit kronis banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Diantaranya jenis penyakit, lama penyakit, dan juga pola makan pasien sangat berpengaruh untuk memberikan kesembuhan yang sebenar-benarnya.

Adakah obat homeopati aman dikonsumsi ?
Ya, obat homeopati aman dikonsumsi oleh segala usia, mulai dari balita, anak-anak, orang dewasa, hingga manula (manusia lanjut usia), wanita hamil tanpa efek samping apapun.

Hingga saat ini lebih dari 3000 jenis obat homeopati semuanya selamat untuk dikonsumsi tanpa adanya pengaduan-pengaduan dari pasien di seluruh dunia, bahkan obat yang ditemukan oleh dr.Hahnemann lebih dari 200 tahun yang lalu masih aman dan mujarab dikonsumsi.

Haruskah obat lain dihentikan saat mengkonsumsi obat homeopati?
Tidak, obat homeopati bisa dikonsumsi bersamaan dengan obat dari dokter, atau obat alami lainnya, namun dijarakkan minimal 1 jam.

Adakah obat homeopati halal ?
Ya ! obat homeopati halal sebab melalui potentisasi zat asli yang dikandung obat sudah tidak ada lagi. Jadi yang tinggal hanya gelombang penyembuhnya saja.

Apakah obat homeopati itu sama dengan obat herbal ?

Tidak, mereka sebenarnya cukup terpisah satu sama lain, meskipun tumbuh-tumbuhan digunakan dalam persiapan obat homeopati namun cara kerja keduanya berbeda.

Apakah obat homeopati mahal ?

Homeopati memiliki farmasi sendiri dan di Indonesia belum ada farmasinya. Untuk sementara ini semua obat homeopati didatangkan dari luar negeri seperti Pakistan, India, Jerman, dan Inggris. Karena obat homeopati diimport dari luar negri, maka ia tergolong murah dibanding dengan kesembuhan yang akan Anda peroleh tanpa harus bersusah-susah ke luar negeri.

Mengapa homeopati selalu mengajarkan untuk memberikan dosis kecil ketika semua obat mencoba untuk memberikan dosis semaksimal mungkin ?
Karena homeopati membantu memberikan rangsangan kekuatan penyembuhan dalam tubuh, dan dosis yang kecil membantu memberikan petunjuk bagaimana obat homeopati bekerja.

Mengapa oleh Hahnemann obat homeopati langsung diujikan pada manusia, bukan pada hewan terlebih dahulu seperti pada tikus, kelinci, dan lain sebagainya ?
Dijelaskan oleh Hahnemann, bahwa pada dasarnya penyakit itu mempunyai dua bentuk terpisah. Yang pertama apa yang dapat kita lihat (obyektif), dan yang kedua adalah apa yang dapat kita rasakan (subyektif) termasuk di dalamnya jenis sakit, emosi(perasaan) juga sangat penting. Dan itu tidak bisa kita tanyakan kepada binatang, sehingga dalam pengujiannya dilakukan langsung pada manusia.

 

Jadi, tak ada yang perlu Anda ragukan lagi untuk menjadikan homeopati sebagai sebuah solusi.

Selamat berobat homeopati... ;-)