» PERKEMBANGAN HOMEOPATI

    Diupdate tanggal: 03 Juni 2017

Dari Jerman perkembangan kedokteran homeopati sangat pesat di dunia. Di Jerman barat sendiri lebih 750 orang homeopath. Di Perancis lebih dari 1000 homeopath dan sistem ini menjadi cukup popular karena sejak kehadirannya disambut hangat oleh masyarakat Eropa. Dalam perkembangannya homeopati tidak lepas dari pengikutnya Samuel Hahnemann, Dr.Faderic Quinn (Inggris 1799-1879), Dr. Constantine Hering (USA 1849-1900), Dr. Timothy F.Allen ( USA abad 19).

Pada tahun 1864 berdiri Rumah Sakit khusus homeopati di California, Amerika Serikat. Pada abad 20 jumlah rumah sakit homeopati terus bertambah hingga dua ratusan. Saat ini, sudah berdiri institut pendidikan khusus homeopati yang telah mencetak kurang lebih 1000 homeopath.

Perkembangan homeopati di Malaysia dipelopori oleh Dr. Burhanuddin Helmy, orang melayu yang menuntut ilmu ke Negri India. Berawal dari penyakit asma yang dideritanya yang tak kunjung sembuh hingga pada akhirnya dia dikenalkan dengan pengobatan homeopati. Setelah rutin berobat, akhirnya penyakit asma yang sudah bertahun-tahun itu sembuh. Akhirnya beliau tertarik untuk mempelajari dan mendalami pengobatan homeopati dan seterusnya mengembangkannya di Malaysia, hingga julukan “Bapak Homeopati Malaysia” pun melekat pada dirinya. Setelah beliau wafat, perjuangan beliau dalam mengembangkan homeopati diteruskan oleh murid-muridnya.

Di Indonesia homeopati masih baru, sehingga belum banyak masyarakat yang tahu apa itu homeopati. Untuk daerah Riau homeopati dipelopori oleh Dr. Ibrahim  dengan membuka cabang kliniknya (Pusat Pengobatan Aljawad) di Kota Pekanbaru sejak Tahun 2006 setelah sebelumnya sukses merawat berbagai penyakit dengan menggunakan obat homeopati di Kuala Lumpur Malaysia sejak Tahun 2000.